Wednesday, September 5, 2012

6 Tips Persiapan Wawancara Kerja (buat newbie)



Kemarin saya ketemu sama seorang lulusan baru dari salah satu universitas negeri di Bandung. Kami ngobrol kesana kemari dan dia cerita kalo sekarang lagi harap-harap cemas nunggu panggilan wawancara kerja.

Eeehhh, beberapa jam kemudian ternyata ada sebuah perusahaan yang dia lamar, nelpon untuk kasih tau akan ada panggilan wawancara.
Daaan, mulainya dia gugup dan bilang deg-degan banget ngadepin ini.

Jadilah saya nulis artikel ini deh :
tips buat newbie atau fresh graduate yang baru pertama kali akan menjalani sebuah wawancara kerja.
Karena baru pertama kali, pasti akan lebih banyak deg-degannya daripada PD-nya kan? Hehe.

Tapi tenang aja, kamu bukan satu-satunya orang yang pernah merasa gugup dan khawatir menghadapi panggilan wawancara untuk yang pertama kali kok.
Karena dulu saya juga pernah mengalami hal yang sama, dan saya berhasil melewatinya – tentu saja, maka saya akan bagikan tips yang simpel untuk dipraktekan.

Ada  6 (enam) hal yang perlu diperhatiin sebelum masuk ke ruang wawancara. Saya akan bahas satu per satu di bawah. Semoga bermanfaat ya (dan bisa membantu mengurangi tingkat kegugupanmu :p )
  1. Kenakanlah pakaian formal – kemeja, celana/rok kain, dan sepatu formal. Jika perlu gunakan blazer/jas yang serasi. Yang terpenting memang adalah kualitas diri kita. Tapi first impression akan kasih nilai plus yang sangat menguntungkan untuk kita. Saya rasa pak satpam juga akan bersikap waspada dan curiga kalau ada orang asing memasuki area perkantoran dengan hanya berpakaian kaos oblong dan celana kumel, sendal jepit and soon yang terlihat nggak profesional :)
  2. Gunakan aksesoris dan make-up secara wajar. Jika terbiasa menggunakan jam tangan atau kalung pemberian orang tua, pakailah. Tidak perlu ditambah dengan gelang-gelang kayu atau statement necklace yang sering dipakai waktu nge-mall. Aplikasikan make-up secara wajar dan proporsional. Kita bukan lagi audisi lakon teater kok. Ya kan?
  3. Bersikap sopan. Ketuklah pintu sebelum masuk ruangan, ucapkanlah salam, dan jabatlah tangan pewawancara Anda. Tataplah mata pewawancara Anda dan jangan jelalatan. Jika grogi, pandanglah pelipisnya.  Lakukanlah semua dengan senyum yang tulus dan jujur.
  4. Mendengar dengan seksama dan berbicaralah yang jujur. Tidak perlu memperkenalkan diri Anda secara bombastis hanya untuk menunjukan bahwa Anda hebat dan berkualitas. Jika ada hal-hal yang tidak Anda ketahui tentang sesuatu hal, akuilah, dan jangan memotong pembicaraan dan mendebat pewawancara. Wawancara yang Anda jalani bukan acara debat pilkada lho :p
  5. Duduklah yang tenang. Saya tahu rasanya gugup menjalani wawancara kerja ini. Kontrolah tubuh Anda sendiri. Jika memang diperlukan, pergilah ke toilet untuk buang air kecil sebelum masuk ke ruangan. Hindari mengetuk-ngetukan jari ke meja, atau menggerak-gerakan kaki. Jangan juga menyilangkan tangan di depan tubuh Anda atau menyilangkan kaki Anda.
  6. Pelajarilah lingkungan. Tidak ada yang salah dengan mempelajari hal baru. Suasana kerja di kantor-wanna-be, dress code di sana, profil dan cara kerja perusahaan. Bahkan kalau memungkinkan, sambangilah kantor tersebut beberapa hari sebelum hari H. Ajaklah ngobrol santai satpam tentang hal-hal umum di kantor tujuan Anda. Mengetahui lokasi tujuan lebih awal akan membantu Anda untuk menghafalkan jalan/rute dan bisa memprediksi waktu perjalanan. Nggak lucu kan kalau terlambat wawancara karena nyasar?


Good luck for your interview ^^


/WiRani 

No comments:

Post a Comment