Monday, October 8, 2012

4 Tips Perawatan untuk Miss V



Pada prinsipnya merawat daerah vagina tidak jauh berbeda dengan cara merawat kebersihan diri tubuh lainnya. Namun karena posisi dan letak Miss V yang selalu tertutup, maka diperlukan perhatian khusus. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat keasaman yang normal daerah Miss V adalah sekitar 3,5 - 4,5 pH. Jika tingkat keasaman kulit tidak normal, maka pelindung alami pada kulit di daerah tersebut menjadi berkurang atau menjadi lemah, sehingga rentan terinfeksi kuman atau bakteri. Berikut tips perawatan untuk Miss V yang mudah dilakukan sehari-hari :
 

1. Cara membersihkan

Ketika membersihkan Miss V, tidak perlu menggosoknya terlalu kencang atau malah menggaruknya. Bersihkan dengan perlahan dan lembut, serta perhatikan arah gerakan tangan Anda ketika membersihkan. Sapukan tangan dari arah depan ke belakang. Treatment seperti ini akan mengurangi kemungkinan terbawanya bakteri dari daerah anus ke area Miss V.


2. Bahan kain untuk underwear

Pilihlah underwear yang dapat menyerap keringat dengan baik, yaitu bahan katun. Area pinggul sampai dengan pangkal paha merupakan daerah tertutup sepanjang hari yang dapat menyebabkan keluarnya keringat berlebih. Jika keringat tidak terserap dengan baik, maka area tersebut akan bertumbuh bakteri yang menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Pastikan area Miss V tetap kering dan gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari. Perhatikan juga penggunaan pakaian bawahan (baik rok maupun celana). Terlalu sering menggunakan celana ketat tentu tidak baik untuk sirkulasi udara di area Miss V. Kenakanlah rok untuk variasi gaya pakaian. Sirkulasi udara di area vagina terjaga dan Anda tentu akan terlihat lebih manis bukan?


3. Produk-produk penunjang

- Pembalut
Secara umum, tidak ada anjuran khusus dalam hal penggunaan dan pemilihan pembalut. Gunakan sesuai kebutuhan, misalnya pada malam hari gunakanlah pembalut dengan ukuran ekstra panjang. Jika sedang haid, setiap mengganti pembalut, gantilah juga celana dalam Anda. Tidak perlu menunggu sampai 'tembus'. Penggantian celana dalam akan menjaga area Miss V tetap kering dari keringat.

- Pantyliner
Demikian juga untuk penggunaan pantyliner, tidak ada larangan jika Anda ingin menggunakannya. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat alergi Miss V Anda terhadap sebuah produk pantyliners. Sedikit berbeda dengan penggunaan pembalut, penggunaan pantyliners sebaiknya diganti setiap kali setelah Buang Air Kecil (BAK). Untuk pencegahan alergi, sebaiknya tidak perlu menggunakan pantyliners setiap hari. Cukup gunakan pada hari-hari menjelang dan sesudah masa haid saja.

- Sabun
Jika ingin menggunakan sabun khusus area Miss V, sebaiknya pilih yang mengandung bahan herbal, misalnya sirih. Untuk membersihkan Miss V, sebetulnya menggunakan air yang mengalir saja sudah cukup, sehingga penggunaan sabun ini tidak perlu dipakai setiap hari. Untuk penggunaan sabun khusus daerah kelamin, bedakan penggunaannya dengan sabun badan. Kalaupun menggunakan sabun yang sama dengan sabun mandi, pastikan sabun tersebut itu dibilas setelah digunakan. Hal ini untuk menghindari perpindahan bakteri dan kuman dari satu tempat ke tempat lainnya. Pemisahan sabun juga diperlukan untuk sabun cuci tangan setelah Buang Air Besar (BAB). Tempatkan sabun ini di dalam botol dengan pompa selang.

4. Perawatan ekstra
Keputihan adalah hal yang normal, apalagi menjelang dan sesudah masa haid. Jika berlebihan, bisa jadi itu merupakan alergi dari produk penunjang yang digunakan. Namun jika tidak kunjung berhenti, lendir berwarna gelap dan berbau serta terasa nyeri di perut bagian bawah, segera periksakan diri ke dokter. Untuk perempuan yang sudah menikah, sisihkan waktu dan dana untuk pemeriksaan pap smear. Pemeriksaan ini berguna untuk deteksi gejala awal kanker rahim. "Tidak usah takut untuk melakukan pemeriksaan ini. Jika ditemukan hasil yang tidak normal, akan sangat membantu untuk pencegahan dan pengobatan selanjutnya", jelas Sri Rejeki, SST, MMKes, dosen di STIKes Immanuel, Bandung. Berkonsultasilah dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sama seperti halnya mandi, membersihkan dan merawat daerah Miss V juga perlu dilakukan setiap hari. Tips lainnya, selalu sediakan celana dalam bersih di dalam tas Anda.

No comments:

Post a Comment