Tuesday, October 9, 2012

Tips Liburan Nyaman Bersama Anak

Kini semakin banyak tujuan wisata yang menyediakan berbagai fasilitas untuk anak-anak. Walaupun begitu, sebagai orang tua, tentu tetap harus mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat terhadap kemungkinan yang akan terjadi saat waktu berlibur.
 
Berikut tips untuk membantu Anda menyiapkan liburan yang menyenangkan bersama anak :

1. Pilih lokasi

Jika anak masih cukup kecil, Anda dan pasangan dapat menetukan liburan yang sesuai dengan budget. Jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik, ajaklah berdiskusi untuk menentukan tujuan liburan kali ini. Anda juga dapat menjelaskan kepada anak bahwa liburan kali ini adalah reward untuk mereka atas keberhasilan mereka (sudah bisa buang air kecil sendiri, sudah berani menyanyi di depan kelas). Berikan beberapa pilihan agar anak terbantu untuk menentukan tujuan liburan. Jadikan perencaaan liburan ini sebagai hal yang dinanti-nanti oleh anak Anda sekaligus sebagai sarana mengedukasi anak untuk belajar berkomunikasi dan anak merasa dihargai atas prestasi yang diraihnya.

Salah satu alternatif liburan bersama anak
2. Perbekalan makanan dan minuman

Dalam pemilihan makanan, higienis dan sehat harus menjadi pertimbangan utama. Di lokasi wisata memang tersedia rumah makan, namun dianjurkan untuk tetap membawa makanan dari rumah, minimal makanan ringan dan susu anak serta air putih. "Supaya ringkas dan tetap sehat, kami memilih membawa bekal buah-buahan segar dan jagung rebus," sebut Hariagus Liatna, ayah dari 2 anak yang bekerja di PT. Ceres Meiji Indotama di Karawang, Jawa Barat. Bekal makanan ini akan sangat membantu ketika anak mulai bosan dengan permainannya atau dalam kondisi kemacetan di dalam perjalanan.

3. Pakaian ganti dan P3K

Tumpahan makanan, keringat, debu, dan muntah akan membuat anak tidak nyaman. Siapkan pakaian ganti dan handuk di dalam tempat terpisah, 1 stel di tas tenteng, beberapa stel lainnya tetap di dalam tas pakaian. Untuk pakaian lainnya, sesuaikan dengan tujuan tempat liburan. Jika ke pantai atau ke kolam renang, bawa pakaian renang. Jika ke daerah dataran tinggi, bawa pakaian hangat. Untuk relaksasi tubuh anak, siapkan minyak telon atau kayu putih, dan sebagai antisipasi kondisi fisik anak yang menurun, siapkan obat batuk, pilek, dan penurun panas. Tidak salah juga jika Anda menyiapkan plester dan obat merah. Anak-anak senang bermain, berlari, dan melompat bukan?

4. Pengawasan di lokasi liburan

Biarkan anak menikmati liburannya dengan berlarian ke sana kemari dan mencoba berbagai permainan di lokasi liburan. Karena saat ini Anda berada di tempat ramai dan banyak orang, tetap waspadalah terhadap keamanan anak Anda agar tidak lepas dari pengawasan. Hal ini akan memperkecil resiko berpisahnya anak dari rombongan Anda maupun kemungkinan keselamatan ketika anak bermain sebuah wahana. Ingatkan pada anak untuk tidak terlalu jauh bermain dan selalu meminta ijin jika ingin pergi ke tempat yang agak jauh dari jangkauan orang tua, misalnya ke toilet.

5. Cinderamata

Gunakan kamera atau ponsel Anda untuk memfoto apa saja dan siapa saja. Bersantai dan bergayalah. Gambar memeluk, mencium, menggendong, bahkan menangis akan menjadi kenangan tak terlupakan pada saat liburan. Sepulang liburan nanti, cetak foto-foto liburan, atau buat film pendek dari kumpulan foto-foto Anda. Agar liburan semakin berkesan, sedapat mungkin belilah cinderamata khas lokal. Anda dapat memilih kaos bertuliskan nama tempat atau kota setempat, mainan tradisional, atau miniatur bangunan terkenal di tempat tersebut.

Sekarang, liburan bersama anak kecil semakin menyenangkan ‘kan? Selamat berlibur!

No comments:

Post a Comment